ilmaffectional

My affection is affectionately affectionate an affectional affection...

Wednesday, January 10, 2007

don'tjudgethebookbyitscover.

Atas permintaan dari seorang teman, khusus untuk postingan saya berikut ini saya akan pakai Bahasa Indonesia (biar lebih kerasa emosinya- dia bilang).


Suatu hari, salah seorang teman terbaik saya waktu kuliah tiba-tiba saja bilang begini:
“Tau gak sih lo ma, dulu gue pikir lo anaknya jutek.. eh tapi ternyata enggak, hehehee..”
“Maksud lo??”
“Iya, dulu waktu gue pertama kali liat lo, kesan pertama gue ngeliat lo tuh gue pikir lo orangnya jutek, sombong, dan suka pilih-pilih temen.. Kesannya lo tuh kayak cewek2 yang cuman mau temenan sama orang2 dari kalangan tertentu doang.. Ya gak tau ya.. kayaknya dari penampilan dan gaya pakaian lo aja gitu.. dan emang waktu jaman itu kan lo maennya ma gank nya des*y, in*, an*n, f*ra... mereka kan cewek-cewek gaya.. trus gue pikir lo anak Jakarta yang hedon sampe akhirnya gue kenal lo dan akhirnya tau deh kalo ternyata lo anak Bandung yang rajin sholat di arsitek..”

Saya saat itu bener-bener gak abis pikir kenapa teman saya ini bilang saya suka pilih-pilih teman lewat cara berpakaian dan pertemanan saya. Dan dia dulu mengira saya anak Jakarta yang hedon (????). Maksudnyahh??
“bla..bla..bla.. tapi ternyata pas udah kenal lo ternyata lo orangnya ramah, seru, trus gak pilih-pilih temen, bla bla bla…”

Yea rite.

Ada lagi sebuah percakapan ketika saya sedang dibonceng pulang kantor oleh seorang teman- yang mana saat itu kami sama-sama budek karena pake helm plus suara jalanan dan bunyi motor yang berisik sehingga sesekali terjadi miscommunication--
“ ... iya gitu, kalo saya liat sih kayaknya kamu emang masih belum dewasa…”
“Maksudnya?”
“Iya, dari cara berpakaian kamu.. keliatan aja masih belum dewasa..”
Lagi-lagi penilaian melalui cara berpakaian saya. “Emang cara berpakaian saya kenapa? Kok bisa dibilang keliatan masih belum dewasa??”
“Ya kamu kan sehari-hari ke kantor cuman pake kaos sama jeans doang.. Ya kamu coba deh sekali-sekali ke kantor pake baju rapi.. kemeja, blazer, rok gitu.. pasti keliatan lebih dewasa..”

OK. Kantor saya di pinggiran kampung yang panasnya amit-amit, debunya gak karuan dan setiap hari harus pake seragam kantor berupa kemeja putih yang sama sekali tidak nyaman dan membosankan. Kalo kantor saya di Sudirman tentunya gaya berpakaian saya gak bakal gembel kayak begini.
“Ooohh, jadi yang dari tadi kamu tangkep itu dewasa secara fisik ya.. dari tadi tuh saya ngomong soal kedewasaan pikiran dan mental!!”
“Iya, saya ngerti.. itu juga maksud saya.. gaya berpakaian kamu tuh bikin kesannya kamu masih main-main dan belum bisa serius dan dewasa.. “
“Lho, tapi kan yang namanya kedewasaan itu datengnya dari dalem.. dari pola pikir, dari tindakan, dari cara dia memecahkan masalah, dari…”
“Ya kalo udah ngobrol sih keliatan kalo kamu itu dewasa banget dan kadang bisa lebih dewasa dari saya…”

Tuh.

Pepatah yang bilang jangan menilai buku dari sampulnya atau jangan menilai orang dari penampilan luarnya- dan kedua kasus saya ini (dan beberapa kasus serupa lain yang terjadi pada saya) membuat saya semakin menyadari bahwa bagaimanapun manusia tidak bisa lepas dari penilaian luar.
Walaupun terus terang secara pribadi saya sendiri merasa jengkel dengan penilaian orang-orang tersebut terhadap saya itu, saya juga gak mau munafik sih, saya juga melakukan hal yang sama terhadap orang lain dan kadang akhirnya saya tersadar bahwa kepribadian orang tersebut tidak seperti persepsi saya terhadap penampilan atau pada kesan pertama ketika saya melihat dia.
Saya pernah punya teman yang penampilannya terlihat rapi, sopan dan baik ternyata brengsek dan kurang ajar. Malah sebaliknya, ada yang terlihat brengsek dan kurang ajar ternyata baik dan sopan- rajin sholat dan pinter ngaji pula. Wehehe.

Nah, yang terakhir ini adalah kejadian persiissss satu hari yang lalu-- waktu saya sedang beli nasi goreng untuk buka puasa di kaki lima seberang jalan komplek kosan saya. Karena sudah lapar luar biasa, akhirnya saya memutuskan untuk makan nasi goreng di kaki lima itu sehingga sesampainya di kosan saya tinggal sholat, mandi dan berleha-leha. Nah, karena saya makan sendirian dan suasana saat itu sepi, akhirnya saya ajak si mbak-mbak penjual nasi goreng itu ngobrol. Setelah cukup lama ngobrol akhirnya si mbak-mbak ini bertanya:
" ... lha mbak ini pulang kuliah toh?" Dari logatnya bisa dipastikan si mbak ini orang Jawa.
"Nggak, pulang kerja.."
"Oh, kuliahne' sambil kerdja ghitu?"
"Enggak, udah lulus.. sekarang udah kerja.."
"Lho emang mbak umurnya berapa?"
"Tebak!!"
"20 ya? ya 20-21 dhe.."
"Emang keliatannya umur segitu ya? hihihihiiii.. saya 24 mbak, Oktober tahun ini 25 deh..."
Tentunya saya udah cengar-cengir kegeeran aja.. aduh ternyata saya awet muda yakkk, hehehe.. Tapi menyebut kalimat terakhir, tiba-tiba saya jadi sedih. Huhu, udah mau 25 aja..
"HAAAHHHH????" Si mbak-mbak njowo ini tampak sangat shock dan kaget.. Wah kalian benar-benar harus lihat langsung deh tampang si mbak ini waktu tahu umur saya 24.. Bener-bener kaget! Saya sih cuman bisa nyengir seneng aja dibilang masih seperti anak kuliah berumur 20-21, hihihi...
"Lahiran 82 tho mbak? Lha aku adja lahiran 84 kok.."
"Haaahhhhh??" Nah, giliran saya yang kaget, padahal awalnya saya sangka si mbak ini kelahiran tahun '79.

Ngobrol ngalor-ngidul sana-sini lagi, si mbak kemudian nanya saya lagi,
"Aslinya orang mana tho mbak?"
"Tebak!!"
"Mmmh, Batak bukan.. Padang bukan.. apa ya.. dari ngomongnya sih kayaknya Maluku.."
"Hahhhh???? Maluku???? Kok Maluku sihhh???????" Sialan, baru kali ini seumur hidup saya ada orang yang bilang saya orang Maluku!!
"Ya dhari ngomongnya sih, soalnya waktu itu pernah adha orang Maluku yang makan dhisini, ngomongnya sama kayak mbak, cepet ghitu.. tapi dari mukanya sih... Jawa ya?"
Phhffieww.. udah kaget aja saya dibilang orang Maluku.. ternyata si mbak ini polos dan naif sekali, mengeneralisir orang yang ngomongnya cepat sebagai orang Maluku. Tapi dia bilang muka saya Jawa. Agak meleset sedikit sih, padahal saya ada Sundanya. Tapi saya sendiri mengakui kok kalau gen ayah saya lebih kuat, jadi saya lebih terasa Jawa daripada Sundanya.

Lalu si mbak ini nanya saya lagi, "Mbak anak ke berapa tho?"
"Tebak!!!"
"Lha kok saya dhisuruh nebak terosh, ya ndak tau.."
"Ya justru itu, saya pengen tau kalo orang baru kenal saya pertama kali, orang bakal nebak saya anak ke berapa.. kalo udah kenal saya kan orang udah tau saya anak ke berapa.."
"Ooo.. yang jhelas sih kalo anak pertama ya ndhak mungkin ya.."
"Kenapa gak mungkin?"
"Ya ndhak mungkin! Kalo anak pertama tuh pasti bhiasanya mukanya serius, orangnya ndewasaa, ghitu.. Lha kalo mbak kan sepertinya orangnya ceria, main-main, dan mandja ghitu.. pasti kalo saya bilang sih mbak anak ke dhuwa, atau bwontot lha.."
"Ooo.. gitu.." Saya pun terdiam beberapa saat, menunggu apakah dia akan menambahkan 'analisa'nya, sampai akhirnya saya bilang, " Tapi saya anak pertama lho, mbak..."
"HAAAAHHHHH??????" Lagi-lagi si mbak-mbak ini shock sampai matanya mau keluar, persisss seperti waktu dia kaget begitu tahu umur asli saya...

Laa-la-la-la-laaa.

Penampilan bisa menipu… Hal itulah yang akhirnya membuat saya berpikir bahwa idealnya sih, akan lebih baik jika kita menilai seseorang setelah kita benar-benar mengenal orang tersebut.


Jadi, kenali saya dulu, baru boleh menilai saya :)

9 Comments:

Blogger Iman Brotoseno said...

saya kadang kalau meeting dengan klien atau ke kantor, pakai celana pendek..
gimana dong ?? he he met tahun baru ya

10:07 PM, January 10, 2007  
Anonymous Anonymous said...

hahahahahahahaha... asli ketawa gue baca ini
inget ga dulu gue pernah ngira lo anak basket padahal lo bisa basket aja kaga hahaha

11:46 AM, January 12, 2007  
Blogger Chad McMillan said...

okay--i think i agree--but since i can't translate what you wrote...we'll just have to agree blindly. happy new year to you-wishing you the best! chad

6:53 AM, January 15, 2007  
Anonymous Anonymous said...

suka deh sama postingan yg ini.. ringan, tapi 'berisi'.
keep it up ya! setuju, lebih baik menilaii orang kalau udah kenal sama orang itu. blm kenal kamu sih jadi gak bisa nilai deh :)

12:04 PM, January 16, 2007  
Anonymous Anonymous said...

don't judge the book by its cover? but you don't mind if i judge you by your book's cover? hehehe.. lebih baik kan?

4:55 PM, January 16, 2007  
Blogger mitatea said...

postingannya kayak gini donk. indonesian.. baru gw ngerti huehehehe...

cieeeh yang kesenengan karena disangka awet muda, mau donk...

tapi bener don't judge a book by it's cover... tapi susah juga seh, pasti aja kalo kenal seseorang, kita dah punya image awal... persepsi..

oya, ma, gw dah beres nih, alhamdulillah... mungkin april ini mau PTT ke Aceh... doain yak.. kalo ke bdg, kabar2i ya..

1:17 PM, January 17, 2007  
Blogger ilmaffectional said...

>iman brotoseno: hahaha, iya tuh pak, gimana coba?! nyebelin kan kalo cuman gara2 pake celana pendek dikatain gak professional atau apa gitu? hehe.. met taun baru juga yaaaaa :) Oya pak, btw pengeeen bgt deh isi komen di blognya, tp knp ya masuk ke kolom komennya aja susah bgt, error mulu.. bahkan ngisi shoutboxnya aja gak bisa.. Oya saya baru bikin film nih, entar deh saya post di postingan selanjutnya, sapa tau mas iman tertarik rekrut saya jadi talent buat film terbaru mas :p
>kill_lenon: yo'iii.. knp sih, emang gw terlihat keker ya bo? wekeke.. :P
>cherokee: hi chad, happy new year too. haha, well, bet you gotta learn Bahasa!! going to teach you if you want!
>wills: hehe, makasih wills.. iya kenal dulu baru bole ngasih testi :)
>bokir: hmmm, maksudnya apa nih?
>mitatea: hai mitaa.. selamat ya udah jadi dokter nih :) iya nih dok, kalo ada obat awet umur biar gak tua2 bilang2 ya dok :)

8:20 AM, January 23, 2007  
Anonymous Anonymous said...

wah jadi nggak enak nich gua ma... gua yang ngeboncengin elo nich..
huahahhahaha...

tp nggak nyangkalo.. memang ilma itu ternyata dewasa & fun to talk with & nggak pernah marah meskipun di "ceng"-in banyak orang...

pertahankan...

11:57 AM, February 20, 2007  
Anonymous Anonymous said...

wakakkkkk... ampe berantakan gue ketawa... il, .. gue tadi siang pan sms ke lu ketemu temen sma lu,.. eh dia komentar gini,.. ahh si ilma mah cerewet ! .. huahahaaaa.. iya bener juga yah ,.. pertam kali liat lo di kampus juga emang kayak nya lu mah ember orangnya .. huahaaaa

5:44 PM, February 26, 2007  

Post a Comment